publikasi Publikasi

Blog Edukasi & Informasi | Gula Kristal Rafinasi | Episode #6 | Fakta Gula Kristal Rafinasi di Indonesia

 
blog-edukasi-and-informasi-gula-kristal-rafinasi-episode-6-fakta-gula-kristal-rafinasi-di-indonesia

Ada beberapa fakta positif tentang gula kristal rafinasi yang penting untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga semuanya mendapatkan informasi dan pemahaman yang baik dan benar tentang gula kristal rafinasi:

 

1. Produsen Gula Kristal Rafinasi

Produsen gula kristal rafinasi adalah perusahaan yang melakukan proses produksi gula kristal rafinasi untuk memenuhi kebutuhan industri pengguna. Saat ini tercatat ada 11 produsen gula kristal rafinasi di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Gula Kristal Rafinasi Indonesia (AGRI), antara lain:

  1. PT. Angels Products
  2. PT. Jawamanis Rafinasi
  3. PT. Sentra Usahatama Jaya
  4. PT. Permata Dunia Sukses Utama
  5. PT. Dharmapala Usaha Sukses
  6. PT. Sugar Labinta
  7. PT. Duta Sugar International
  8. PT. Makassar Tene
  9. PT. Berkah Manis Makmur
  10. PT. Andalan Furnindo
  11. PT. Medan Sugar Industry

 

2.  Pengguna Gula Kristal Rafinasi di Indonesia

Industri pengguna gula kristal rafinasi  antara lain industri makanan dan minuman, industri farmasi, industri herbal/jamu, industri hotel, restoran, dan catering (horeka), industri tembakau, dan industri lainnya baik industri besar, menengah dan kecil yang menggunakan gula kristal rafinasi sebagai bahan baku proses produksi dan bahan penolong, serta memiliki izin dari instansi berwenang.

 

3. Bahan Baku Gula Kristal Rafinasi

Bahan baku gula kristal rafinasi adalah gula mentah atau yang dikenal dengan sebutan raw sugar.  Gula mentah ini merupakan gula setengah jadi yang dibuat dari tebu melalui proses defekasi. Gula mentah atau raw sugar ini tidak layak untuk dikonsumsi secara langsung oleh manusia karena masih memerlukan beberapa tahapan pemrosesan. Gula mentah inilah yang menjadi bahan baku pembuatan gula kristal rafinasi

 

4. Proses Produksi Gula Kristal Rafinasi

Gula kristal rafinasi diproses secara higienis melalui beberapa tahapan pemurnian hingga menjadi gula kristal rafinasi yang putih bersih seperti kristal. Dimulai dari persiapan bahan baku (raw material), pemrosesan hingga pengemasan semuanya dilakukan menggunakan mesin sehingga aman dan higienis.

 

5. Standar Keamanan Pangan dan Sertifikasi

Dalam menjamin keamanan pangan tentunya setiap produsen gula kristal rafinasi sudah dilengkapi dengan standarisasi baik Nasional maupun Internasional serta sejumlah sertifikasi antara lain:

  1. ISO 22000 (HACCP FOOD SAFETY MANAGEMENT SYSTEM)
  2. ISO 14000 (ENVIRONMENTAL MANAGEMENT)
  3. ISO 9001 (QUALITY MANAGEMENT)
  4. BADAN POM
  5. STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI)
  6. SERTIFIKASI HALAL MUI

 

Demikian fakta positif tentang gula kristal rafinasi baik dari sisi produsen, proses produksi pembuatan gula kristal rafinasi hingga standar keamanan pangan dan sertifikasinya. Dengan melihat dan memahami fakta di atas diharapkan masyarakat luas dapat mengetahui tentang berbagai hal positif khususnya tentang keamanan pangan dan pengetahuan bahwa gula kristal rafinasi aman untuk dikonsumsi.

 

Agri 2021