publikasi Publikasi

Blog Edukasi & Informasi | Gula Kristal Rafinasi | Episode #4 | Bahan Baku Pembuatan Gula Kristal Rafinasi

 
blog-edukasi-and-informasi-industri-gula-kristal-rafinasi-di-indonesia-episode-4-bahan-baku-pembuatan-gula-kristal-rafinasi

Episode #4  |  Bahan Baku Pembuatan Gula Kristal Rafinasi

 

Pada blog edukasi dan informasi gula kristal rafinasi episode #3 sebelumnya tentang proses produksi gula kristal rafinasi telah dijelaskan secara rinci tentang perihal proses pembuatan gula kristal rafinasi dimulai dari persiapan bahan baku hingga proses produksi dan pengemasan serta pendistribusiannya.

Pada blog kali ini akan dibahas secara singkat tentang bahan baku pembuatan gula kristal rafinasi yang secara umum belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Bahan baku gula kristal rafinasi adalah gula mentah atau yang dikenal dengan sebutan raw sugar.  Gula mentah ini merupakan gula setengah jadi yang dibuat dari tebu melalui proses defekasi. Gula mentah atau raw sugar ini tidak layak untuk dikonsumsi secara langsung oleh manusia karena masih memerlukan beberapa tahapan pemrosesan. Gula mentah inilah yang menjadi bahan baku pembuatan gula kristal rafinasi

Gula mentah atau raw sugar ini masih mengandung kotoran, sehingga oleh food and drag administration (FDA)  dilarang untuk dikonsumsi langsung. Di Indonesia gula mentah (raw sugar) masih belum dapat diproduksi di dalam negeri karena beberapa hal, seperti terbatasnya sumber bahan baku berupa tebu dan belum mampu memenuhi persyaratan mutu gula mentah yang sesuai quality plan dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Salah satu negara produsen gula mentah atau raw sugar adalah Australia yang memasok kebutuhan bahan baku bagi produsen gula kristal rafinasi di Indonesia. Gula mentah asal Australia ini masih terdiri dari 98% sukrosa, bahan pengotor bukan gula di antaranya 0.22% (glukosa & fruktosa), 0,37% bahan organik (gum, asam amino dan kompon warna yang berasal dari tebu), 0,37% abu (garam kalsium dan potassium), dan 0,31% air.

Syarat mutu raw sugar berdasarkan quality plan produsen gula kristal rafinasi:

No

Kriteria Uji

Satuan

Persyaratan

1

Warna Larutan

IU

Min   600

2

Polarisasi

0Z

Min   07,5

3

Ash

%

Maks 0,4

4

Reducing Sugar

%

Maks 1,5

5

Moist

%

Maks 0,8

 

   

Syarat mutu raw sugar berdasarkan SNI 01-3140.1-2001

No

Kriteria Uji

Satuan

Persyaratan

1

Warna Larutan

IU

Min   600

2

Susut Pengering

%

Min   0,5

3

Polarisasi

0Z

Maks 95

4

Ash

%

Maks 0,5

 

 

 

 

 

 

 

 

Agri 2021