publikasi Publikasi

Manfaat Gula bagi Tubuh

 
manfaat-gula-bagi-tubuh

Manfaat gula bagi tubuh manusia tentu saja banyak. Namun, seberapa banyak konsumsi yang ideal dan sehat bagi tubuh? Ulasan singkat berikut akan menjawab pertanyaan tersebut.

Tubuh manusia sebenarnya hanya membutuhkan sedikit asupan gula. Menurut standar American Health Association (AHA), laki-laki pada umumnya hanya membutuhkan 140 kkal/hari (9 sendok teh) dan perempuan membutuhkan 100 kkal/hari (6 sendok teh).

Selain untuk menambah energi, sejumlah hal berikut merupakan fungsi atau manfaat gula bagi tubuh:

 

1. Sedapkan masakan  

Makanan tanpa garam akan hambar adanya. Makanan dan minuman tanpa gula mana enak? Itu sebabnya, gula pasir menjadi salah satu bahan utama pengolahan makanan dan minuman. Gula digunakan sebagai pengimbang garam dan sekaligus penguat rasa.

 

2. Redakan nyeri saat haid

Kandungan gula bermanfaat meredakan nyeri dan kram haid yang kerap membuat wanita tidak nyaman. Gula dapat memperbaiki mood dan meredakan rasa pegal-pegal ketika haid.

Cobalah secangkir teh hangat beraroma peppermint dengan sedikit tambahan gula batu yang tidak mengandung lemak dan kolesterol.

 

3. Haluskan kulit wajah dan bibir

Gula pasir yang dipadukan dengan madu manis dapat dibuat scrub. Oles pada permukaan kulit wajah dan atau bibir lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dan keringkan. Cara ini dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

 

4. Redakan stres

Cokelat dan es krim dipercaya menjadi obat mujarab ketika stres. Dalam konteks ini, gula memang mengandung hormon dopamine yang dapat menimbulkan rasa bahagia dan meredakan stres.

 

5. Meningkatkan tekanan darah

Untuk keadaan darurat, orang yang mengalami tekanan darah rendah, bisa mengonsumsi gula yang berguna sebagai sumber energi, agar aliran darah dan oksigen ke otaknya dapat kembali lancar.

 

6. Fungsi otak meningkat

Jika anda membutuhkan konsentrasi tinggi, konsumsilah gula atau makanan manis secukupnya. Hal ini akan memacu meningkatkan fungsi otak bekerja lebih maksimal. Gula yang bermanfaat untuk kesehatan otak bukan gula yang terkandung dalam kue atau roti kesukaan mu ya..., melainkan gula yang terkandung dari bahan alami, seperti: dari madu, sirup maple, dan buah-buahan -- ini merupakan hasil penelitian terbaru lho.

 

7. Sembuhkan luka

Sejak 1700 SM, menaburkan gula di atas luka (terbuka) sudah dilakukan oleh para tabib di Mesir. Gula diyakini mengandung antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme serta mengurangi pembengkakan. Selain itu gula dapat merangsang jaringan kulit untuk beregenerasi.

Untuk menggunakan terapi gula dalam kondisi darurat ini, pastikan perdarahan luka sudah terhenti lebih dari 24 jam. Perhatikan, terkait ini, konsultasikan pada dokter sebelum mencobanya.

Demikianlah sejumlah fungsi atau manfaat gula bagi tubuh manusia. Semoga bermanfaat. [calvyn toar]. 

 

 

dari berbagai sumber